Apakah Ada Pria Yang Takut Wanita Cantik?

https://pixabay.com/id/

Topik ini saya dapatkan ketika saya tengah mengobrol dengan teman saya. Saat itu kami membicarakan tentang bagaimana cara memikat hati wanita yang baru dikenal.

Setelah asyik berdiskusi dan tertawa lepas karena konyolnya diskusi kami, ada salah satu teman saya yang bertanya :

"Banyak banget ada cewek cantik. Mungkin gak ada cowok yang anti sama cewek cantik ya?"

Dalam hati saya berpikir mana mungkin ada, dimana-mana juga wanita cantik merupakan idaman kaum pria. Ada-ada saja bila memang terdapat pria yang seperti itu.

Karena merupakan pertanyaan yang menarik, saya pun coba mencari jawabannya dan menemukan penjelasan ilmiah berdasarkan pertanyaan teman saya.

Apakah Memang Ada...?

Mungkin terdengar aneh, tapi cukup banyak pria normal yang takut pada wanita cantik. Sebagian ketakutan terjadi karena "tidak pede", dan sebagian lainnya adalah akibat gangguan psikologis.

Kalau karena "ketidak percaya dirian" mungkin tidak perlu dijelaskan lagi, karena bisa dikatakan hal yang lumrah.

Yang tidak lumrah adalah ketika pria memang takut pada wanita cantik karena faktor psikologis. Ada fobia yang bernama caligynephobia (kadang juga disebut venustraphobia), yaitu fobia terhadap wanita cantik.

Pria pengidap fobia ini akan selalu menjauh dari wanita cantik, namun bukan karena tidak pede, tapi karena memang benar-benar takut.

Fobia merupakan salah satu gangguan mental paling umum yang mempengaruhi lebih dari 11 persen pria maupun wanita di dunia.

Sebagaimana ketakutan pada umumnya, caligynephobia diciptakan pikiran bawah sadar sebagai mekanisme perlindungan diri.

Munculnya fobia ini biasanya disebabkan karena peristiwa masa lalu yang menghubungkan wanita cantik dengan trauma emosional.

Fobia wanita cantik juga bisa dipicu oleh berbagai peristiwa selain trauma pribadi, misalnya kejadian di film televisi atau melihat pengalaman buruk orang lain yang berhubungan dengan wanita cantik.

Bagi pengidap caligynephobia, wanita cantik adalah makhluk yang sangat berbahaya. Mereka bisa panik dan lari menjauh jika bertemu dengan wanita cantik.

https://knowyourmeme.com/

Gejala-gejala yang dialami penderita caligynephobia ketika melihat wanita cantik adalah sesak nafas, nafas menjadi cepat dan pendek, detak jantung tidak teratur. berkeringat dingin, mual, dan ketakutan secara menyeluruh.

Gejala-gejala diatas muncul tidak hanya ketika berhadapan langsung dengan wanita cantik, tetapi juga dapat melalui foto, tayangan televisi, dan media lainnya.

Gejala-gejala yang disebutkan diatas mungkin bisa berbeda antara pria satu dengan lainnya, namun efeknya sama, yaitu membuat penderita tak bisa berkonsentrasi dan kinerjanya menurun jika berada di dekat wanita cantik.

Sampai saat ini, belum ada obat yang dikembangkan untuk menyembuhkan fobia ini. Meskipun begitu terdapat perawatan yang dianggap efektif untuk menangani fobia ini.

Perawatan tersebut antara lain hipnoterapi, neuro-linguistic programming (NLP), dan energy psychology. Perawatan-perawatan tersebut adalah untuk memastikan penderita dapat sembuh 100 persen.

Tentunya perawatan - perawatan tersebut harus didampingi oleh dokter dan ahli hipnosis yang berkompeten di bidangnya. Penderita harus melakukan perawatan sesuai prosedur secara rutin dan terartur.

https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Meskipun terdengar aneh, sebenarnya cukup banyak pria yang menderita caligynephobia. Fobia yang terasa sangat menyiksa bagi si penderita.

Penyebabnya beragam salah satunya adalah gangguan psikologis akibat trauma pribadi yang berhubungan dengan wanita cantik.

Meskipun belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan fobia ini, penderita masih dapat melakukan perawatan hipnoterapi secara rutin untuk membantu mengurangi pengaruh fobia ini.

Sumber :

(Sains Sinting : Menjawab Pertanyaan Sinting Dengan Jawaban Ilmiah. Oleh Hoeda Manis)

Comments

Baca Juga Tulisan Lainnya :

Momen-Momen Saat Light Yagami Terlihat Begitu Bodoh

Apa Yang Terjadi Jika Nyamuk Musnah Dari Muka Bumi?

Gema Selonding di Sanur Village Festival 2019 - Persiapan, Penampilan, Kesan dan Pesan