Gondrong, Suatu Pilihan Dalam Merubah Penampilan

Gondrong, Suatu Pilihan Dalam Merubah Penampilan
https://id.pinterest.com/

Gondrong memiliki sisi keren tersendiri bagi saya. Kalau ada kesempatan, ingin sekali rasanya memiliki rambut panjang. Itu terlihat sangat gagah...

Perubahan Penampilan...? Oke!

Semakin bertambahnya usia, orang-orang umumnya akan mulai merubah penampilan. Ya, merubah penampilan secara sadar pasti akan dilakukan, guna memperbarui penampilan lama ke penampilan baru sesuai dengan kebutuhan, perasaan, dan selera masing-masing individu.

Merubah penampilan itu sebenarnya sangat penting, asalkan "perubahannya" mengarah ke hal yang positif. Merubah penampilan juga berarti memperlihatkan diri kita yang baru kepada orang lain, dengan semangat dan kreativitas baru.

Menurut pandangan saya pribadi, perubahan penampilan juga memiliki makna bagaimana kita mengeksplor diri dan menunjukan jati diri kita di masyarakat. Karena secara tidak langsung, penampilan merupakan cerminan pribadi seseorang.

Pada umumnya perubahan penampilan secara sadar akan dilakukan oleh orang-orang yang baru memasuki masa akil balig. Dimana pada masa ini orang-orang telah sadar akan kebutuhan diri yang berubah. Ada yang memutuskan untuk merubah penampilan secara total, namun ada juga yang cukup dengan sedikit perubahan disana-sini.

Bagaimana dengan saya sendiri?

Saat ini saya tengah dalam proses merubah penampilan. Tapi sebelumnya memang butuh banyak waktu bagi saya untuk memutuskan apakah akan merubah penampilan atau tidak. Karena meninggalkan penampilan lama, kemudian mengaplikasikan penampilan baru bukanlah hal sepele yang dapat diputuskan dengan enteng.

Setelah berpikir lama, dan melakukan beragam uji coba akhirnya saya memutuskan untuk mulai mempebarui penampilan. Karena saya yakin, melalui penampilan baru akan muncul semangat baru dan identitas yang baru pula. Dengan tetap menyimpan identitas lama.
...........

Dulu saya identik dengan rambut pendek yang hampir plontos dan kacamata merah yang selalu saya kenakan kemana-mana. Kini saya merubah penampilan dengan mulai memanjangkan rambut dan mengurangi pemakaian kacamata dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan penampilan yang saya lakukan adalah sebagai bentuk instropeksi diri, dan memperbaiki penampilan lama saya yang terbilang sangat culun bagi remaja seusia saya.

Rambut Gondrong, Bermakna Menjadi Pribadi Yang Baru...

Mengganti gaya rambut dari pendek rapi menjadi gondrong memiliki filosofi tersendiri bagi saya. Dengan merubah gaya rambut secara dramatis, saya siap memulai hidup baru dengan identitas baru dalam diri saya. Saya harap rambut panjang ini akan menuntun saya menjadi pria dewasa baik dari segi penampilan dan sikap.

Sebenarnya keinginan berambut gondrong ini sudah timbul sejak dulu, namun baru bisa terealisasi sekarang. Seperti yang kita ketahui, pada masa sekolah kebebasan penampilan siswa memang kerap dibatasi oleh aturan-aturan yang berlaku. Maka dari itu waktu setelah lulus SMA/SMK adalah yang paling tepat untuk memikirkan tentang merubah penampilan.

Kenapa Memilih Gondrongin Rambut...?


"Wihh...udah panjang aja rambutnya Arya"
"Ar, kok gitu sekarang rambutnya??"
"Weehh udah bisa dikuncir tuh rambutnya"

Yang pasti karena passion, dengan berambut panjang saya dapat berekspresi sepuasnya dalam berpenampilan, khususnya dalam hal menata rambut. Karena semakin panjang rambut yang kita miliki, cara penataannya akan berbeda pula, sehingga akan menghasilkan style rambut yang beragam dari waktu ke waktu.

Saya sendiri juga agak lupa bagaimana awalnya saya ingin memanjangkan rambut. Bahkan dulu saya sempat risih melihat pria berambut panjang, seperti kurang cocok. Dan muncul pertanyaan seperti :

"Ngapain ya orang itu manjangin rambut? Kan kaya cewek jadinya, hmmm,...ada-ada aja adult jaman now...." 

Jika melirik sedikit  ke masa lampau, ketertarikan saya dengan rambut gondrong memang tak bisa dilepaskan dari hobi saya, yaitu bermusik. Hobi bermusik ini sudah saya pegang sejak SD, mulai dari musik tradisional hingga modern, yaa...bisa sedikit-sedikit saja sih.

Karena hobi, saya banyak menyaksikan dan mencari tau tentang industri-industri musik dunia. Style mereka yang unik dan berciri khas masing-masing, turut menginspirasi saya mencintai rambut gondrong.

Musik, Inspirasi Dalam Berambut Gondrong...

Ada banyak industri musik yang mempengarugi saya dalam berpenampilan, salah satunya adalah seni musik Jepang yang disebut "visual kei" .

Visual kei merupakan industri musik asal Jepang, dimana sang musisi cenderung lebih menonjolkan seni berpakaian dan seni menata rambut, para pelakunya memang dominan memiliki rambut gondrong yang sangat "indah".

Industri musik lainnya yang memicu ketertarikan saya untuk berpenampilan gondrong adalah, Rock Culture tahun 60 hingga awal 90an. Sebagai penikmat musik rock, memiliki rambut panjang adalah kebanggan tersendiri. Pada masa itu terdapat musisi-musisi berambut panjang yang menginspirasi saya, seperti The Beatles, Bon Jovi, dan Led Zeppelin.

https://www.saatchiart.com/

Atau jangan jauh-jauh lahh... Dewa 19 yang berdiri tahun 1986 juga memulai karir bermusik mereka dengan rambut gondrong sebahu.

Namun... yang perlu diperhatikan adalah, selain karena hobi dan kesenangan, pemilihan rambut gondrong ini juga dikarenakan kepribadian dan sifat yang saya miliki. Jadi tidak semata-smata hanya mengikuti tren atau tokoh idola, namun juga berasal dari kecintaan dalam diri.

.
.
.
.
.

Tidak sedikit yang berpandangan kalau rambut gondrong itu identik dengan pribadi yang tidak rapi, kurang bersih, dan urakan. Memang... namun terkadang, ke-tidaksempurnaan itulah yang justru akan memberikan nilai lebih. Tentunya... itu tergantung bagaimana cara seseorang menyikapi hal tersebut. 

Begitu juga dalam berpenampilan sehari-hari. Kita bebas berpenampilan sesuai dengan kreativitas dan filosofi masing-masing. Apakah orang lain akan menyukai atau tidak, itu kembali ke selera. Namun jika memang kita sendiri yang tidak nyaman dengan penampilan diri kita saat itu, tidak ada salahnya kan kita memulai untuk -
                                                             .......merubah penampilan?  

Comments

Baca Juga Tulisan Lainnya :

Momen-Momen Saat Light Yagami Terlihat Begitu Bodoh

Apa Yang Terjadi Jika Nyamuk Musnah Dari Muka Bumi?

Gema Selonding di Sanur Village Festival 2019 - Persiapan, Penampilan, Kesan dan Pesan